Minggu, 10 September 2017

SAP Bahasa Indonesia

CONCEPT MAP

Mata Kuliah                            : Bahasa Indonesia

Informasi Umum
1.      Data Pribadi
a.      Nama Dosen              : Akhmad Hasan Saleh
b.      Alamat Kantor           : STAIN Kediri Jl. Sunan Ampel 7 Ngonggo Kediri
c.       Telp Kantor                : (0345) 689282
d.      Alamat Rumah          : Vila Bukit Tidar A1 No.89 Merjosari Kota Malang
e.      Telp Rumah/HP         : - / 081334079818
f.        E-mail                         : aconghasan@yahoo.com

2.      Mata Kuliah
a.      Nama Mata Kuliah    : Bahasa Indonesia
b.      Nomor/Kode              : STA 104
c.       Jumlah SKS                 : 2 SKS
d.      Hari/Jam Kuliah         : Senin/15.30-17.10 WIB
e.      Gedung/Ruang          : F-201
f.        Prodi/Kelas                 : Psikologi Islam

 

Deskripsi Mata Kuliah:
Bahasa Indonesia menjadi salah satu instrumen pengembangan kepribadian mahasiswa menuju terbentuknya insan terpelajar yang mahir berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. Mata kuliah Bahasa Indonesia diharapkan dapat membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar cinta tanah air, kebangsaan, dan kebudayaan Indonesia. Dalam ranah akademik, mahasiswa diharapkan mampu menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan rasa bertanggung jawab melalui Bahasa Indonesia ragam formal atau ragam ilmiah.
Kompetensi yang wajib dimiliki mahasiswa adalah memiliki kepribadian yang kuat, berpikir kritis, bersikap rasional, etis, estetis, dinamis, dan berpandangan luas. Dalam hal ini keterampilan berBahasa Indonesia merupakan syarat mutlak bagi mahasiswa Indonesia agar dapat menuangkan gagasannya ke dalam ranah lisan dan tulis secara sistematis. Mahasiswa diharapkan mempunyai pengetahuan yang cukup tinggi terhadap pengetahuan kebahasaan, seperti fungsi bahasa, ragam dan laras bahasa, ejaan dan tanda baca, kata, kalimat, paragraf dan jenis wacana. Selanjutnya, mahasiswa harus mampu mereproduksi teks-teks yang beragam, mampu menulis secara ilmiah, dan mampu berorasi dalam ranah ilmiah.

Standar Kompetensi:
Mata Kuliah Bahasa Indonesia bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam ranah menulis akademik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan Bahasa Indonesia sebagai ragam formal. Oleh karena itu, mahasiswa diharapkan mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas, baik tulis maupun lisan. Selanjutnya, dalam segala bidang, mahasiswa diharapkan dapat menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar, dapat menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni sebagai perwujudan kecintaannya terhadap bahasa Indonesia.




No                                                                                                                                                                                              No
Kompetensi Dasar
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Waktu
Sumber
1
Mahasiswa mengetahui
· peranan dan pentingnya Bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah
·  memahami fungsi Bahasa Indonesia sebagai alat untuk menyerap dan mengungkapkan hasil pemikiran
·    menunjukkan rasa wajib pada diri sendiri terhadap pemakaian bahasa Indonesia.
PERANAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA
·      Pengertian Bahasa
·      Aspek Bahasa
·  Bahasa dan Perilaku Berbahasa
·   Fungsi Bahasa
·   Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar
2 sks x 50 menit
1-15
2
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang ragam bahasa sebagai sarana komunikasi ilmiah
RAGAM BAHASA DAN LARAS BAHASA ILMIAH

·      Ragam dan Laras Bahasa
·      Laras Ilmiah
·      Ragam bahasa Keilmuan
2 sks x 50 menit
1-15
3
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang
1.     Ejaan dan Kaidah tata tulis
2.     penggunaan huruf kapital, huruf miring, pemenggalan kata secara ortografis, penulisan kata, istilah, kata depan, dan unsur serapan, penulisan angka, dan penggunaan tanda baca.
EYD DAN TANDA BACA

·      Ucapan
·      Ejaan (EYD)
·      Tanda Baca
·      Penulisan Angka dan Bilangan
2 sks x 50 menit
1-15
4
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan Pilihan kata (Diksi), antara lain cara kriteria memilih dan menggunakan pilihan kata
PILIHAN KATA (DIKSI)

·      Definisi Kosa Kata
·      Jenis Kata dalam Bahasa Indonesia
·      Kata Serapan
·      Kata Pinjaman
·      Imbuhan dalam Bahasa Serapan
·      Hubungan antarmakna
2 sks x 50 menit
1-15
5
Mahasiswa diharapkan
1.     mengetahui batasan kalimat atau tuturan yang tepat dan efektif
2.     memahami adanya kesalahan atau kekurangan efektifan dalam suatu tuturan dipandang dari bahasa yang baik dan benar
3.     menerapkan cara pembetulan dan pengefektifan suatu tuturan dengan tepat.
KALIMAT EFEKTIF


·      Definisi Kalimat
·      Jenis Kalimat
·      Kalimat efektif
·      Kesatuan Gagasan
·      Kepaduan
·      Kesalahan Kalimat
2 sks x 50 menit
1-15
6
Mahasiswa dapat
1.     menjelaskan tentang ciri-ciri kalimat efektif yang relevan dengan karang mengarang
2.     memahami proses pembentukan kalimat efektif, menyusun kalimat kompleks dari kalimat-kalimat dasar menjadi kalimat kompleks dengan baik dan logis
KALIMAT EFEKTIF (PENGEMBANGAN)

·      Penalaran Kalimat
·      Kehematan atau Ekonomi Bahasa
·      Penekanan dalam Kalimat
·      Kesejajaran
·      Variasi
·      Daftar Konjungsi Bahasa Indonesia
·      Daftar Preposisi Bahasa Indonesia

2 sks x 50 menit
1-15
7
Mahasiswa mengetahui
1.     batasan alinea
2.     bagian-bagian alinea
3.  memahami fungsi dan kandungan pada bagian-bagian alinea
4. mengembangkan dan cara pengembangan kalimat menjadi kalimat luas atau kelompok kalimat
ALINEA ATAU PARAGRAF

·      Jenis tulisan dalam laras ilmiah
·      Eksposisi, argumentasi, narasi, deskripsi
·      Syarat pembentukan paragraf
·      Kalimat topik
·      Peletakan kalimat topik
2 sks x 50 menit
1-15
8
Mahasiswa dapat menjelaskan
1.     kegunaan alinea, macam-macam alinea
2. cara pengembangan alinea dengan memanfaatkan logika induktif (pengembangan dengan ilustrasi), dan deduktif (pengembangan dengan analisis penalaran atau penjelasan).
ALINEA (PENGEMBANGAN ALINEA)

·      Unsur kebahasaan pembangun paragraf
·      Pola pengembangan paragraf
·      Hubungan logis antarkalimat
2 sks x 50 menit
1-15
9
Mahasiswa dapat melakukan
1. pemilihan topik
2. pembatasan topik
3. pemilihan judul
4. menentukan tujuan penulisan
5. menentukan materi penulisan dan
7. menentukan kerangka karangan
8. menentukan langkah-langkah penulisan ilmiah
PERENCANAAN PENULISAN KARANGAN ILMIAH

·      Kerangka tulisan
·      Jenis Kerangka Tulisan
·      langkah-langkah penulisan ilmiah perencanaan karangan
·      tujuan dan materi penulisan
·       pengembangan karangan


2 sks x 50 menit
1-15
10
Sesi Evaluasi: Praktik Menulis Kreatif, Review, Kuis
PRAKTEK MENULIS KREATIF, REVIEW, KUIS
·      Pengembangan Topik karangan dalam pola:
-       Eksposisi
-       Argumentasi
-       Narasi
-       Deskripsi
2 sks x 50 menit
1-15
11
Mahasiswa dapat memberikan
1. definisi kerangka karangan
2. manfaat kerangka karangan, dan
3. penyusunan kerangka karangan
KERANGKA KARANGAN (OUTLINE)

·      Sistem penyusunan kerangka karangan
·      menyusun karangan secara teratur
·      cara mencegah penulis keluar dari sasaran yang sudah dirumuskan.
2 sks x 50 menit
1-15
12
Mahasiswa mampu
1.  menjelaskan kegunaan kutipan  mampu mengutip pendapat, konsep
2.     dan hasil penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung
3. mengutip untuk dibahas, ditelaah, dikritik, dipertentangkan atau diperkuat, mengaitkan isi tulisan dengan penemuan-penemuan atau teori-teori yang telah ada.
KUTIPAN (QUOTATION)

·      kutipan
·      sintesis
·      manfaat kutipan
·      kutipan langsung
·      prinsip mengutip langsung
·      kutipan tidak langsung
·      kutipan pada catatan kaki


2 sks x 50 menit
1-15
13
Mahasiswa dapat menyusun abstrak pada penulisan ilmiah dengan benar dan mampu membuat daftar pustaka, sesuai dengan kaidah yang berlaku

ABSTRAK DAN DAFTAR PUSTAKA

·      tujuan dan ketentuan pembuatan abstrak
·       cara menyusun daftar pustaka sebagai referensi silang (cross reference)
·      contoh penulisan abstrak
·       menyusun daftar pustaka dengan ketentuan berbagai sumber pustaka
·      Sistem perujukan
·      Sistem catatan
2 sks x 50 menit
1-15
14
Mahasiswa mampu
1.     Mengetahui cara membaca kritis
2.   Dapat membaca dan menarik informasi dati teks tertentu
3.   membaca abstrak, literatur ilmiah, dan  literatur semi ilmiah
4.     menjelaskan perbedaan antara ringkasan, abstrak, dan ikhtisar
5.   cara membaca dan sekaligus meringkas bahan bacaan
MEMBACA KRITIS

·      Membaca ikhtisar
·      Membaca ringkasan
·      Membaca abstrak


2 sks x 50 menit
1-15



REFERENSI:
1.      Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. 2008. Cermat BerBahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
2.      Balai Pustaka. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
3.      Effendi, S. 1995. Panduan BerBahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Jakarta : Pustaka Jaya
4.      Etty Indriati. 2001. Menulis Karya Ilmiah: Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Gramedia
5.      Finoza, Lamuddin. 1999. Komposisi. Jakarta : PT Gramedia
6.      Keraf, Gorys. 1999. Cara Menulis. Jakarta: PT Gramedia
7.      Keraf, Gorys. 2001. Komposisi. Jakarta: PT Gramedia
8.      Kunjara Rahardi. 2011. Bahasa Indonesia untuk perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
9.      Laminudin Finoza. 2005. Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
10.  Sugono, Dendy. 1994. BerBahasa Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
11.  Suhendar dan Supinah. 1995. Bahasa Indonesia Perguruan Tinggi. PT Bandung
12.  Tim Dikti. 2011. Modul Kuliah Bahasa Indonesia. Jakarta: Dikti.
13.  Tri Wahyu. 2006. Bahasa Indonesia. Depok: Universitas Gunadarma
14.  Yuda, Purnomo. 1998. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Bandung: Buana
15.  Widjono HS. 2011. Bahasa indonesia- Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Grasindo



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih telah membuka blog ini