CONCEPT
MAP
Mata
Kuliah : Bahasa
Indonesia
Informasi Umum
1. Data
Pribadi
a. Nama
Dosen : Akhmad Hasan Saleh
b. Alamat
Kantor : STAIN
Kediri Jl. Sunan Ampel 7 Ngonggo Kediri
c. Telp
Kantor : (0345) 689282
d. Alamat
Rumah : Vila Bukit Tidar A1 No.89 Merjosari Kota Malang
e. Telp
Rumah/HP : - / 081334079818
f.
E-mail : aconghasan@yahoo.com
2. Mata
Kuliah
a. Nama
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia
b. Nomor/Kode : STA 104
c. Jumlah
SKS : 2 SKS
d. Hari/Jam
Kuliah : Senin/15.30-17.10 WIB
e. Gedung/Ruang : F-201
f.
Prodi/Kelas : Psikologi Islam
Deskripsi Mata
Kuliah:
Bahasa
Indonesia menjadi salah satu instrumen pengembangan kepribadian mahasiswa
menuju terbentuknya insan terpelajar yang mahir berkomunikasi dalam bahasa
Indonesia. Mata kuliah Bahasa Indonesia diharapkan dapat membantu mahasiswa
memantapkan kepribadiannya agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai
dasar cinta tanah air, kebangsaan, dan kebudayaan Indonesia. Dalam ranah
akademik, mahasiswa diharapkan mampu menguasai, menerapkan, dan mengembangkan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dengan rasa bertanggung jawab melalui Bahasa
Indonesia ragam formal atau ragam ilmiah.
Kompetensi
yang wajib dimiliki mahasiswa adalah memiliki kepribadian yang kuat, berpikir
kritis, bersikap rasional, etis, estetis, dinamis, dan berpandangan luas. Dalam
hal ini keterampilan berBahasa Indonesia merupakan syarat mutlak bagi mahasiswa
Indonesia agar dapat menuangkan gagasannya ke dalam ranah lisan dan tulis
secara sistematis. Mahasiswa diharapkan mempunyai pengetahuan yang cukup tinggi
terhadap pengetahuan kebahasaan, seperti fungsi bahasa, ragam dan laras bahasa,
ejaan dan tanda baca, kata, kalimat, paragraf dan jenis wacana. Selanjutnya,
mahasiswa harus mampu mereproduksi teks-teks yang beragam, mampu menulis secara
ilmiah, dan mampu berorasi dalam ranah ilmiah.
Standar
Kompetensi:
Mata
Kuliah Bahasa Indonesia bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa
dalam ranah menulis akademik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa dibekali dengan
pengetahuan dan ketrampilan Bahasa Indonesia sebagai ragam formal. Oleh karena
itu, mahasiswa diharapkan mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, dan sikap
ilmiah ke dalam berbagai bentuk karya ilmiah yang berkualitas, baik tulis
maupun lisan. Selanjutnya, dalam segala bidang, mahasiswa diharapkan dapat
menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar, dapat menguasai,
menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni sebagai
perwujudan kecintaannya terhadap bahasa Indonesia.
No No
|
Kompetensi Dasar
|
Pokok Bahasan
|
Sub Pokok Bahasan
|
Waktu
|
Sumber
|
|||
1
|
|
|
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
2
|
Mahasiswa dapat menjelaskan tentang ragam bahasa sebagai sarana
komunikasi ilmiah
|
RAGAM BAHASA DAN LARAS BAHASA ILMIAH
|
·
Ragam dan Laras Bahasa
·
Laras Ilmiah
·
Ragam bahasa Keilmuan
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
3
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan tentang
1.
Ejaan dan Kaidah
tata tulis
2.
penggunaan huruf
kapital, huruf miring, pemenggalan kata secara ortografis, penulisan kata,
istilah, kata depan, dan unsur serapan, penulisan angka, dan penggunaan tanda
baca.
|
EYD DAN TANDA
BACA
|
·
Ucapan
·
Ejaan
(EYD)
·
Tanda
Baca
·
Penulisan
Angka dan Bilangan
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
4
|
Mahasiswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berkaitan
dengan Pilihan kata (Diksi), antara lain cara kriteria memilih dan
menggunakan pilihan kata
|
PILIHAN KATA
(DIKSI)
|
· Definisi
Kosa Kata
· Jenis
Kata dalam Bahasa Indonesia
· Kata
Serapan
· Kata
Pinjaman
· Imbuhan
dalam Bahasa Serapan
· Hubungan
antarmakna
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
5
|
Mahasiswa diharapkan
1.
mengetahui batasan kalimat atau tuturan yang tepat dan efektif
2.
memahami adanya kesalahan atau
kekurangan efektifan dalam suatu tuturan dipandang dari bahasa yang baik dan
benar
3.
menerapkan cara pembetulan dan
pengefektifan suatu tuturan dengan tepat.
|
KALIMAT EFEKTIF
|
· Definisi
Kalimat
· Jenis
Kalimat
· Kalimat
efektif
· Kesatuan
Gagasan
· Kepaduan
· Kesalahan
Kalimat
|
2 sks x 50 menit
|
1-15
|
|||
6
|
Mahasiswa dapat
1.
menjelaskan tentang ciri-ciri
kalimat efektif yang relevan dengan karang
mengarang
2.
memahami proses pembentukan
kalimat efektif, menyusun kalimat kompleks dari kalimat-kalimat dasar menjadi
kalimat kompleks dengan baik dan logis
|
KALIMAT EFEKTIF
(PENGEMBANGAN)
|
· Penalaran
Kalimat
· Kehematan
atau Ekonomi Bahasa
· Penekanan
dalam Kalimat
· Kesejajaran
· Variasi
· Daftar
Konjungsi Bahasa Indonesia
· Daftar
Preposisi Bahasa Indonesia
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
7
|
Mahasiswa
mengetahui
1.
batasan alinea
2.
bagian-bagian alinea
3. memahami fungsi dan kandungan pada
bagian-bagian alinea
4. mengembangkan dan
cara pengembangan kalimat menjadi kalimat luas atau kelompok kalimat
|
ALINEA ATAU
PARAGRAF
|
· Jenis
tulisan dalam laras ilmiah
· Eksposisi,
argumentasi, narasi, deskripsi
· Syarat
pembentukan paragraf
· Kalimat
topik
· Peletakan
kalimat topik
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
8
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan
1.
kegunaan alinea, macam-macam alinea
2. cara pengembangan alinea dengan
memanfaatkan logika induktif (pengembangan dengan ilustrasi), dan deduktif
(pengembangan dengan analisis penalaran atau penjelasan).
|
ALINEA
(PENGEMBANGAN ALINEA)
|
·
Unsur
kebahasaan pembangun paragraf
·
Pola
pengembangan paragraf
·
Hubungan
logis antarkalimat
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
9
|
Mahasiswa
dapat melakukan
1.
pemilihan topik
2.
pembatasan topik
3.
pemilihan judul
4.
menentukan tujuan penulisan
5. menentukan materi penulisan dan
7. menentukan kerangka karangan
8. menentukan langkah-langkah penulisan ilmiah
|
PERENCANAAN
PENULISAN KARANGAN ILMIAH
|
· Kerangka
tulisan
· Jenis
Kerangka Tulisan
· langkah-langkah
penulisan ilmiah perencanaan karangan
· tujuan
dan materi penulisan
· pengembangan karangan
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
10
|
Sesi Evaluasi: Praktik
Menulis Kreatif, Review, Kuis
|
PRAKTEK MENULIS KREATIF, REVIEW, KUIS
|
· Pengembangan Topik karangan dalam pola:
- Eksposisi
- Argumentasi
- Narasi
- Deskripsi
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
11
|
Mahasiswa
dapat memberikan
1.
definisi kerangka karangan
2.
manfaat kerangka karangan, dan
3.
penyusunan kerangka karangan
|
KERANGKA KARANGAN
(OUTLINE)
|
· Sistem
penyusunan kerangka karangan
· menyusun
karangan secara teratur
· cara
mencegah penulis keluar dari sasaran yang sudah dirumuskan.
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
12
|
Mahasiswa
mampu
1. menjelaskan kegunaan kutipan mampu mengutip pendapat, konsep
2.
dan hasil penelitian baik secara langsung
maupun tidak langsung
3. mengutip untuk dibahas, ditelaah,
dikritik, dipertentangkan atau diperkuat, mengaitkan isi tulisan dengan
penemuan-penemuan atau teori-teori yang telah ada.
|
KUTIPAN
(QUOTATION)
|
· kutipan
· sintesis
· manfaat
kutipan
· kutipan
langsung
· prinsip
mengutip langsung
· kutipan
tidak langsung
· kutipan
pada catatan kaki
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
13
|
Mahasiswa
dapat menyusun abstrak pada penulisan ilmiah dengan benar dan mampu membuat
daftar pustaka, sesuai dengan kaidah yang berlaku
|
ABSTRAK DAN
DAFTAR PUSTAKA
|
· tujuan
dan ketentuan pembuatan abstrak
· cara menyusun daftar pustaka sebagai
referensi silang (cross reference)
· contoh
penulisan abstrak
· menyusun daftar pustaka dengan ketentuan
berbagai sumber pustaka
· Sistem
perujukan
· Sistem
catatan
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
|||
14
|
Mahasiswa
mampu
1.
Mengetahui cara membaca kritis
2. Dapat membaca dan
menarik informasi dati teks tertentu
3. membaca abstrak, literatur ilmiah,
dan literatur semi ilmiah
4.
menjelaskan
perbedaan antara ringkasan, abstrak, dan ikhtisar
5. cara membaca dan sekaligus meringkas
bahan bacaan
|
MEMBACA KRITIS
|
· Membaca
ikhtisar
· Membaca
ringkasan
· Membaca
abstrak
|
2 sks x 50
menit
|
1-15
|
REFERENSI:
1.
Arifin, E. Zaenal dan S. Amran
Tasai. 2008. Cermat BerBahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi.
Jakarta: Akademika Pressindo.
2.
Balai Pustaka. 1990. Kamus
Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka
3.
Effendi, S. 1995. Panduan
BerBahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Jakarta : Pustaka Jaya
4.
Etty Indriati. 2001. Menulis
Karya Ilmiah: Artikel, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta:
Gramedia
5.
Finoza, Lamuddin. 1999. Komposisi. Jakarta : PT Gramedia
6.
Keraf, Gorys. 1999. Cara
Menulis. Jakarta: PT Gramedia
7.
Keraf, Gorys. 2001. Komposisi. Jakarta: PT Gramedia
8.
Kunjara Rahardi. 2011. Bahasa
Indonesia untuk perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.
9.
Laminudin Finoza. 2005.
Komposisi bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan Mulia.
10.
Sugono, Dendy. 1994. BerBahasa
Indonesia dengan Benar. Jakarta: Puspa Swara.
11. Suhendar dan Supinah. 1995. Bahasa
Indonesia Perguruan Tinggi. PT Bandung
12. Tim Dikti. 2011. Modul Kuliah Bahasa
Indonesia. Jakarta: Dikti.
13.
Tri
Wahyu. 2006. Bahasa Indonesia. Depok: Universitas Gunadarma
14.
Yuda, Purnomo. 1998. Bahasa
Indonesia untuk Perguruan Tinggi, Bandung: Buana
15.
Widjono HS. 2011. Bahasa
indonesia- Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Grasindo
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Terima kasih telah membuka blog ini