CONCEPT MAP
Mata
Kuliah :
Tasawuf Akhlaqi
Informasi Umum
1. Data
Pribadi
a. Nama
Dosen : Akhmad Hasan Saleh
b. Alamat
Kantor : STAIN Kediri Jl. Sunan
Ampel 7 Ngonggo Kediri
c. Telp
Kantor : (0345) 689282
d. Jam
Kantor : 07.30 – 16.00 WIB
e. Alamat
Rumah : Vila Bukit Tidar A1 No.89
Merjosari Kota Malang
f. Telp
Rumah/HP : - / 081334079818
2. Mata
Kuliah
a. Nama
Mata Kuliah : Tasawuf Akhlaqi
c. Jumlah
SKS : 2 SKS
d. Hari/Jam
Kuliah : -
e. Gedung/Ruang : -
f. Prodi/Kelas : -
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah tasawuf akhlaqi
merupakan matakuliah prasyarat bagi mahasiswa akhlaq tasawuf karena memiliki
kedudukan penting dalam kurikulum prodi Akhlaq Tasawuf. Mata kuliah ini
merupakan mata kuliah intermedite
yang harus dipelajari mahasiswa untuk mengantarkan mahasiswa pada pemahaman dan
implementasi akhlaq-akhla mulia. Mata kuliah ini wajib ditempuh mahasiswa
sebelum menempuh mata kuliah akhlaq tasawuf yang bersifat edvant.
Tasawuf
akhlaqi pada dasarnya mempelajari tentang konsep-konsep menuju pada tingkatan
tasawuf dengan cara memahami dan mendalami materi takhalli, tahalli, tajalli.
Pemahaman terhadap tiga konsep tersebut akan mengantarkan mahasiswa untuk
memahami konsep-konsep dalam ahwal dan maqomat seperti mahabbah, khauf, raja’,
muraqobah, tobat, zuhud, tawakkal, dan ridho sebagaimana dalam tradisi tasawuf.
Metode yang digunakan dalam perkuliahan tasawuf akhlaqi agar mahasiswa mudah
memahaminya adalah sharing informasi dan diskusi ilmiah. Oleh karena itu dalam
perkuliahan ini mahasiswa dituntut untuk membaca dan mengimplementasikan serta
mendapatkan pengalaman spiritual secara langsung, baik individu maupun
kisah-kisah kaum sufi. Sehingga konsep-konsep dalam tasawuf akhlaqi mudah
dipahami dan mampu diaktualisasikan di zaman modern.
Mahasiswa
setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan menjadi mahasiswa yang bermanfaat
pada masyarakat dengan akhlaqul karimah yang merupakan karakteristik kaum sufi.
Oleh karena itu, mata kuliah ini menjadi salah satu standar penting kelulusan
mahasiswa program studi Akhlaq Tasawuf Jurusan Ushuluddin.
Kompetensi Mata Kuliah
1. Mahasiswa
memahami perilaku tercela yang mengotori hati
2. Mahasiswa
memahami konsep-konsep takhalli, tahalli dan tajalli
3. Mahasiswa
memahami konsep-konsep dalam awal dan maqom
Indikator
1. Mahasiswa
mampu mendeskripsikan perilaku-perilaku tercela yang mengotori hati
2. Mahasiswa
dapat menguraikan konsep takhalli, tahalli dan tajalli
3. Mahasiswa
mampu menjelaskan konsep-konsep dalam awal dan maqom
4. Mahasiswa
mampu mengimplementasikan dengan baik konsep takhalli dan tahalli
Topik Perkuliahan
1. Orientasi
perkuliahan dan kontrak belajar
2. Objek
kajian dan kompetensi mata kuliah Tasawuf Akhlaqi
3. Sejarah
Tasawuf Akhlaqi
4. Konsep
Takhalli, Tahalli dan Tajalli
5. Mengenal
perilaku hati yang tercela (mazmumah)
serta pengaruhnya terhadap perilaku badhani.
6. Mengenal
perilaku hati yang terpuji (mahmudah)
serta pengaruhnya terhadap perilaku badani
7. Implementasi
konsep takhalli dan tahalli
8. Konsep
tajalli dan implikasi perilaku
9. UTS
10. Konsep
Attariqoh, al maqomat, al ahwal
11. Konsep
maqomat: tobat. zuhud, wara’
12. Konsep
maqomat: qona’ah, ridha, tawakkal
13. Konsep
ahwal dan indikator: muraqobah, khauf
14. Konsep
ahwal dan indikator: raja’, mahabbah
15. Kajian
Tokoh Tasawuf Akhlaqi
16. UAS
Strategi Perkuliahan
1. Ceramah
2. Reading
Guide
3. Group
Discussion
4. Experiantial
Learning
Sumber Bacaan
1.
Syaikh
Abdul Qodir Isa, 2011, Haqa’iq at
Tashawwuf (terjemah Khairul Amru Harahap Lc dkk), Qisthi Press, Jakarta.
2.
Ibnu Khaldun, 2001, Mukaddimah
(terjemah Masturi ilham Lc, dkk), Pustaka Al
Kautsar, Jakarta
3.
Ust
Labib MZ., ...., Memahami Ajaran Tashowuf, CV Cahaya Agency, Surabaya.
4.
Dr.
Mustafa Zahri,2007, Kunci Memahami Ilmu Tasawuf, PT. Bina Ilmu,
Surabaya.
5.
Drs.
H.A.Mustafa, 2014, Akhlak Tasawuf, Pustaka Setia, Bandung.
6.
Abu
Nasr As Sarraj, 2014, Al Luma’
(terjemah Waskuman dkk, editor Abdul Halim Mahmud dkk), Risalah Gusti,
Surabaya.
7.
Prof.Dr.Hamka,
1980, Tasauf Perkembangan dan
Pemurniannya, Yayasan Nurul Islam, Jakarta
8.
Imam
Al Qusyairy An Naisabury, 2014, Risalah
Qusyairiyahfi ‘Ilmi at Tashawwuf (terjemah Dr. Mohammad Luqman Hakiem), Risalah
Gusti, Surabaya.
9.
Hawash
Abdullah,...., Perkembangan Ilmu Tasawuf dan Tokoh-Tokohnya di Nusantara,
Al Ikhlas, Surabaya.
10. Abu Hasan Ali An
Nadawi, 1995, Rijalul Fikri Wad Da’wati Fil Islam (terjemah Drs.
M.Qodirun Nur), CV. Pustaka Mantiq, Solo.
11. Prof. Dr. Abdul Halim Mahmud, 2002, Tasawuf
di Dunia Islam, Pustaka Setia, Bandung.
12. A.E. Af Fifi,
1989, A Mystical Philosopy of Muhyid Din Ibnul Arabi (terjemah Syahrir
Mawi dkk), Jakarta. Hal. 13-23
KOMPONEN PENILAIAN
Komponen
|
Bobot
|
Penilaian
|
|
1.
Presensi / kehadiran (N1)
|
((khdran
:14)x100%)
|
Nilai
SEMENTARA:
N1
+……+N4 = Ns
3
|
|
2.
Keaktifan (N2) : Bertanya (70-80), Menjawab (81-90),
Mengkritisi (91-100)
|
100%
|
||
3.
Tugas (N3) : Kesesuaian Tema, Isi/Bahasan:
|
100%
|
||
SS: 4
|
KS
: 2
|
||
S : 3
|
TS
: 1
|
||
4.
Kuis (N4)
|
(100%)
|
||
5.
UTS
|
(100%)
|
NILAI
UTS/UAS :
Ns
+ UTS = NA / Ns
+ UAS = NA
2 2
|
|
6.
UAS
|
(100%)
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Terima kasih telah membuka blog ini