Selasa, 29 Agustus 2017

SAP TASAWUF AKHLAQI

CONCEPT MAP

Mata Kuliah                            : Tasawuf Akhlaqi

Informasi Umum
1.     Data Pribadi
a.      Nama Dosen              : Akhmad Hasan Saleh
b.     Alamat Kantor           : STAIN Kediri Jl. Sunan Ampel 7 Ngonggo Kediri
c.      Telp Kantor               : (0345) 689282
d.     Jam Kantor                : 07.30 – 16.00 WIB
e.      Alamat Rumah          : Vila Bukit Tidar A1 No.89 Merjosari Kota Malang
f.      Telp Rumah/HP         : - / 081334079818
g.     E-mail                                    : aconghasan@yahoo.com

2.     Mata Kuliah
a.      Nama Mata Kuliah    : Tasawuf Akhlaqi
b.     Nomor/Kode              : -
c.      Jumlah SKS               : 2 SKS
d.     Hari/Jam Kuliah        : -
e.      Gedung/Ruang           : -
f.      Prodi/Kelas                : -

Deskripsi Mata Kuliah

            Mata kuliah tasawuf akhlaqi merupakan matakuliah prasyarat bagi mahasiswa akhlaq tasawuf karena memiliki kedudukan penting dalam kurikulum prodi Akhlaq Tasawuf. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah intermedite yang harus dipelajari mahasiswa untuk mengantarkan mahasiswa pada pemahaman dan implementasi akhlaq-akhla mulia. Mata kuliah ini wajib ditempuh mahasiswa sebelum menempuh mata kuliah akhlaq tasawuf yang bersifat edvant.
Tasawuf akhlaqi pada dasarnya mempelajari tentang konsep-konsep menuju pada tingkatan tasawuf dengan cara memahami dan mendalami materi takhalli, tahalli, tajalli. Pemahaman terhadap tiga konsep tersebut akan mengantarkan mahasiswa untuk memahami konsep-konsep dalam ahwal dan maqomat seperti mahabbah, khauf, raja’, muraqobah, tobat, zuhud, tawakkal, dan ridho sebagaimana dalam tradisi tasawuf. Metode yang digunakan dalam perkuliahan tasawuf akhlaqi agar mahasiswa mudah memahaminya adalah sharing informasi dan diskusi ilmiah. Oleh karena itu dalam perkuliahan ini mahasiswa dituntut untuk membaca dan mengimplementasikan serta mendapatkan pengalaman spiritual secara langsung, baik individu maupun kisah-kisah kaum sufi. Sehingga konsep-konsep dalam tasawuf akhlaqi mudah dipahami dan mampu diaktualisasikan di zaman modern.
Mahasiswa setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan menjadi mahasiswa yang bermanfaat pada masyarakat dengan akhlaqul karimah yang merupakan karakteristik kaum sufi. Oleh karena itu, mata kuliah ini menjadi salah satu standar penting kelulusan mahasiswa program studi Akhlaq Tasawuf Jurusan Ushuluddin.

Kompetensi Mata Kuliah
1.     Mahasiswa memahami perilaku tercela yang mengotori hati
2.     Mahasiswa memahami konsep-konsep takhalli, tahalli dan tajalli
3.     Mahasiswa memahami konsep-konsep dalam awal dan maqom

Indikator
1.     Mahasiswa mampu mendeskripsikan perilaku-perilaku tercela yang mengotori hati
2.     Mahasiswa dapat menguraikan konsep takhalli, tahalli dan tajalli
3.     Mahasiswa mampu menjelaskan konsep-konsep dalam awal dan maqom
4.     Mahasiswa mampu mengimplementasikan dengan baik konsep takhalli dan tahalli

Topik Perkuliahan
1.     Orientasi perkuliahan dan kontrak belajar
2.     Objek kajian dan kompetensi mata kuliah Tasawuf Akhlaqi
3.     Sejarah Tasawuf Akhlaqi
4.     Konsep Takhalli, Tahalli dan Tajalli
5.     Mengenal perilaku hati yang tercela (mazmumah) serta pengaruhnya terhadap perilaku badhani.
6.     Mengenal perilaku hati yang terpuji (mahmudah) serta pengaruhnya terhadap perilaku badani
7.     Implementasi konsep takhalli dan tahalli
8.     Konsep tajalli dan implikasi perilaku
9.     UTS
10.  Konsep Attariqoh, al maqomat, al ahwal
11.  Konsep maqomat: tobat. zuhud, wara’
12.  Konsep maqomat: qona’ah, ridha, tawakkal
13.  Konsep ahwal dan indikator: muraqobah, khauf
14.  Konsep ahwal dan indikator: raja’, mahabbah
15.  Kajian Tokoh Tasawuf Akhlaqi
16.  UAS

Strategi Perkuliahan
1.     Ceramah
2.     Reading Guide
3.     Group Discussion
4.     Experiantial Learning

Sumber Bacaan          
1.        Syaikh Abdul Qodir Isa, 2011, Haqa’iq at Tashawwuf (terjemah Khairul Amru Harahap Lc dkk), Qisthi Press, Jakarta.
2.        Ibnu Khaldun, 2001, Mukaddimah (terjemah Masturi ilham Lc, dkk), Pustaka Al Kautsar, Jakarta
3.        Ust Labib MZ., ...., Memahami Ajaran Tashowuf, CV Cahaya Agency, Surabaya.
4.        Dr. Mustafa Zahri,2007, Kunci Memahami Ilmu Tasawuf, PT. Bina Ilmu, Surabaya.
5.        Drs. H.A.Mustafa, 2014, Akhlak Tasawuf, Pustaka Setia, Bandung.
6.        Abu Nasr As Sarraj, 2014, Al Luma’ (terjemah Waskuman dkk, editor Abdul Halim Mahmud dkk), Risalah Gusti, Surabaya.
7.        Prof.Dr.Hamka, 1980, Tasauf Perkembangan dan Pemurniannya, Yayasan Nurul Islam, Jakarta
8.        Imam Al Qusyairy An Naisabury, 2014, Risalah Qusyairiyahfi ‘Ilmi at Tashawwuf (terjemah Dr. Mohammad Luqman Hakiem), Risalah Gusti, Surabaya.
9.        Hawash Abdullah,...., Perkembangan Ilmu Tasawuf dan Tokoh-Tokohnya di Nusantara, Al Ikhlas, Surabaya.
10.    Abu Hasan Ali An Nadawi, 1995, Rijalul Fikri Wad Da’wati Fil Islam (terjemah Drs. M.Qodirun Nur), CV. Pustaka Mantiq, Solo.
11.    Prof. Dr. Abdul Halim Mahmud, 2002, Tasawuf di Dunia Islam, Pustaka Setia, Bandung.
12.    A.E. Af Fifi, 1989, A Mystical Philosopy of Muhyid Din Ibnul Arabi (terjemah Syahrir Mawi dkk), Jakarta. Hal. 13-23

KOMPONEN PENILAIAN
Komponen
Bobot
Penilaian
1.     Presensi / kehadiran (N1)
((khdran :14)x100%)
Nilai SEMENTARA:
N1 +……+N4 = Ns
 3
2.     Keaktifan (N2) : Bertanya (70-80), Menjawab (81-90), Mengkritisi (91-100)
100%
3.     Tugas (N3) : Kesesuaian Tema, Isi/Bahasan:
100%
SS: 4
KS : 2
S  : 3
TS : 1
4.     Kuis (N4)
(100%)
5.     UTS
(100%)
NILAI UTS/UAS :
Ns + UTS = NA / Ns + UAS = NA    
       2                           2
6.     UAS
(100%)





Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih telah membuka blog ini