Selasa, 29 Agustus 2017

SAP PSIKOTERAPI

CONCEPT MAP

Mata Kuliah                            : Psikoterapi

Informasi Umum
1.     Data Pribadi
a.      Nama Dosen              : Akhmad Hasan Saleh
b.     Alamat Kantor           : STAIN Kediri Jl. Sunan Ampel 7 Ngonggo Kediri
c.      Telp Kantor               : (0345) 689282
d.     Jam Kantor                : 07.30 – 16.00 WIB
e.      Alamat Rumah          : Vila Bukit Tidar A1 No.89 Merjosari Kota Malang
f.      Telp Rumah/HP         : - / 081334079818
g.     E-mail                                    : aconghasan@yahoo.com
h.     Blog                           : http//jurnalpemikiranislam.blogspot.co.id

2.     Mata Kuliah
a.      Nama Mata Kuliah    : Psikoterapi
b.     Nomor/Kode              : -
c.      Jumlah SKS               : 2 SKS
d.     Hari/Jam Kuliah        : -
e.      Gedung/Ruang           : ­-

Deskripsi Mata Kuliah

            Psikoterapi merupakan matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa akhlaq tasawuf, karena matakuliah psikoterapi tidak kalah penting dengan mata kuliah wajib yang lain dan juga sebagai mata kuliah dasar untuk melatih mahasiswa akhlaq tasawuf memahami dan melatih agar memiliki kemampuan melakukan terapi dasar terhadap orang lain yang menjadi kliennya. Mata kuliah ini ditempuh mahasiswa akhlaq tasawuf setelah menempuh mata kuliah prasayarat seperti, sufi healing, psikologi abnormal, psikologi konseling yang diajarkan pada semester sebelumnya.
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep terapeutik kontemporer yang mengarah pada dasar-dasar praktek terapi, yaitu masalah pendekatan yang digunakan dalam terapi dan teknik-teknik terapeutik. Pendekatan terapi yang akan diberikan pada mahasiswa dalam mata kuliah psikoterapi salah satunya adalah pendekatan psikoanalisa, terapi gestalt, pendekatan client center, terapi rasional emotif dan terapi tingkah laku. Sedangkan materi teknik-teknik terapeutik akan dipelajari tentang masalah-masalah dasar dan etika dalam psikoterapi.
Supaya mahasiswa memahami mata kuliah psikoterapi, maka dosen menerapkan metode inqury learning (50%) dan simulasi/praktek (50%), sehingga ada keseimbangan antara teori dan pemantapan skill. Oleh karena itu mahasiswa dituntut untuk banyak membaca dan menganalisa hasil bacaan yang kemudian dirumuskan secara individu maupun kelompok, dosen menfasilitasi mahasiswa untuk mengungkapkan secara baik dan benar tentang konsep-konsep psikoterapi yang didapat dari hasil belajar, pengalaman, pemikiran, keraguan/keresahan intelektualnya dengan memperhatikan tata cara berargumen ilmiah dan beradab. Oleh karena itu, mahasiswa akan banyak melakukan penelitian, pengkajian dan praktek, sehingga matakuliah psikoterapi yang ditempuh dapat tercapai dengan baik.
 Mahasiswa setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan menjadi mahasiswa yang memiliki keterampilan dalam melakukan terapi terhadap klien yang bermasalah secara kejiwaan. Oleh karena itu, mata kuliah ini menjadi salah satu standar penting kelulusan mahasiswa sebagaimana tujuan kompetensi Program Akhlaq Tasawuf Jurusan Ushuluddin.

Kompetensi Mata Kuliah
1.     Mahasiswa memahami konsep dasar psikoterapi
2.     Mahasiswa memahami pendekatan dan teknik terapeutik
3.     Mahasiswa mampu mempraktikkan pendekatan dan teknik terapeutik
4.     Mahasiswa memahami etika dalam psikoterapi

Indikator
1.     Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar psikoterapi
2.     Mahasiswa dapat menjelaskan pendekatan dan teknik terapeutik
3.     Mahasiswa mampu menggunakan salah satu pendekatan dan teknik terapeutik pada kliennya dengan baik dan benar
4.     Mahasiswa mampu menunjukkan etika dalam melakukan terapi

Topik Perkuliahan
1.     Orientasi perkuliahan dan kontrak belajar
2.     Objek Kajian Psikoterapi
3.     Pendekatan Psikoanalitik (firsa)
4.     Pendekatan Eksistensial-Humanistik (munir)
5.     Pendekatan Client Centered (umi)
6.     Terapi Gestalt (siti)
7.     Analisis Transaksional (munir)
8.     UTS
9.     Terapi Tingkah Laku (umi)
10.  Terapi Rasional dan Emotif (siti)
11.  Terapi Realitas (firsa)
12.  Fungsi dan Peran Terapis
13.  Masalah-masalah Etika dalam Terapi
14.  Terapis Sebagai Pribadi
15.  Eksistensi Terapis
16.  UAS

Strategi Perkuliahan
1.     Ceramah
2.     Inqury Learning
3.     Reading Guide
4.     Simulasi
5.     Praktik

Sumber Bacaan Utama         
1.        Gerald Corey, Teori dan Praktek Konseling dan Prikoterapi, Bandung: Refika Aditama, 2009.
2.         Dr. Malik B. Badri, The Dilemma of Muslim Psykologists (terjmh), (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2005)
4.        Bagus Riyono, Motivasi dengan Perspektif Psikologi Islam, (Yogyakarta: Quality Publishing, 2012)
5.        Capt. Wahid Bakhsh Rabbani, Islamic Sufism (terjmh), (Jakarta: Sahara Publisher, 2004)


KOMPONEN PENILAIAN
Komponen
Bobot
Penilaian
1.     Presensi / kehadiran (N1)
((khdran :14)x100%)
Nilai SEMENTARA:
N1 +……+N4 = Ns
 3
2.     Keaktifan (N2) : Bertanya (70-80), Menjawab (81-90), Mengkritisi (91-100)
100%
3.     Tugas (N3) : Kesesuaian Tema, Isi/Bahasan:
100%
SS: 4
KS : 2
S  : 3
TS : 1
4.     Kuis (N4)
(100%)
5.     UTS
(100%)
NILAI UTS/UAS :
Ns + UTS = NA / Ns + UAS = NA    
       2                           2
6.     UAS
(100%)


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terima kasih telah membuka blog ini