CONCEPT MAP
Mata
Kuliah : Psikoterapi
Informasi Umum
1. Data
Pribadi
a. Nama
Dosen : Akhmad Hasan Saleh
b. Alamat
Kantor : STAIN Kediri Jl. Sunan
Ampel 7 Ngonggo Kediri
c. Telp
Kantor : (0345) 689282
d. Jam
Kantor : 07.30 – 16.00 WIB
e. Alamat
Rumah : Vila Bukit Tidar A1 No.89
Merjosari Kota Malang
f. Telp
Rumah/HP : - / 081334079818
h. Blog :
http//jurnalpemikiranislam.blogspot.co.id
2. Mata
Kuliah
a. Nama
Mata Kuliah : Psikoterapi
c. Jumlah
SKS : 2 SKS
d. Hari/Jam
Kuliah : -
e. Gedung/Ruang : -
Deskripsi Mata Kuliah
Psikoterapi merupakan matakuliah
yang wajib ditempuh oleh mahasiswa akhlaq tasawuf, karena matakuliah
psikoterapi tidak kalah penting dengan mata kuliah wajib yang lain dan juga
sebagai mata kuliah dasar untuk melatih mahasiswa akhlaq tasawuf memahami dan
melatih agar memiliki kemampuan melakukan terapi dasar terhadap orang lain yang
menjadi kliennya. Mata kuliah ini ditempuh mahasiswa akhlaq tasawuf setelah
menempuh mata kuliah prasayarat seperti, sufi healing, psikologi abnormal,
psikologi konseling yang diajarkan pada semester sebelumnya.
Mata
kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep terapeutik kontemporer yang
mengarah pada dasar-dasar praktek terapi, yaitu masalah pendekatan yang
digunakan dalam terapi dan teknik-teknik terapeutik. Pendekatan terapi yang
akan diberikan pada mahasiswa dalam mata kuliah psikoterapi salah satunya
adalah pendekatan psikoanalisa, terapi gestalt, pendekatan client center,
terapi rasional emotif dan terapi tingkah laku. Sedangkan materi teknik-teknik
terapeutik akan dipelajari tentang masalah-masalah dasar dan etika dalam
psikoterapi.
Supaya
mahasiswa memahami mata kuliah psikoterapi, maka dosen menerapkan metode inqury learning (50%) dan
simulasi/praktek (50%), sehingga ada keseimbangan antara teori dan pemantapan skill. Oleh karena itu mahasiswa
dituntut untuk banyak membaca dan menganalisa hasil bacaan yang kemudian
dirumuskan secara individu maupun kelompok, dosen menfasilitasi mahasiswa untuk
mengungkapkan secara baik dan benar tentang konsep-konsep psikoterapi yang
didapat dari hasil belajar, pengalaman, pemikiran,
keraguan/keresahan intelektualnya dengan memperhatikan tata
cara berargumen ilmiah dan beradab. Oleh karena itu, mahasiswa akan banyak
melakukan penelitian, pengkajian dan praktek, sehingga matakuliah psikoterapi yang ditempuh dapat tercapai dengan
baik.
Mahasiswa
setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan menjadi mahasiswa yang memiliki keterampilan
dalam melakukan terapi terhadap klien yang bermasalah secara kejiwaan. Oleh
karena itu, mata kuliah ini menjadi salah satu standar penting kelulusan
mahasiswa sebagaimana tujuan kompetensi Program Akhlaq Tasawuf Jurusan
Ushuluddin.
Kompetensi Mata Kuliah
1. Mahasiswa
memahami konsep dasar psikoterapi
2. Mahasiswa
memahami pendekatan dan teknik terapeutik
3. Mahasiswa
mampu mempraktikkan pendekatan dan teknik terapeutik
4. Mahasiswa
memahami etika dalam psikoterapi
Indikator
1. Mahasiswa
mampu mendeskripsikan konsep
dasar psikoterapi
2. Mahasiswa
dapat menjelaskan pendekatan dan teknik terapeutik
3. Mahasiswa
mampu menggunakan salah satu pendekatan dan teknik terapeutik pada kliennya
dengan baik dan benar
4. Mahasiswa
mampu menunjukkan etika dalam melakukan terapi
Topik Perkuliahan
1. Orientasi
perkuliahan dan kontrak belajar
2. Objek Kajian Psikoterapi
3. Pendekatan
Psikoanalitik (firsa)
4. Pendekatan
Eksistensial-Humanistik (munir)
5. Pendekatan
Client Centered (umi)
6. Terapi
Gestalt (siti)
7. Analisis
Transaksional (munir)
8. UTS
9. Terapi
Tingkah Laku (umi)
10. Terapi
Rasional dan Emotif (siti)
11. Terapi
Realitas (firsa)
12. Fungsi
dan Peran Terapis
13. Masalah-masalah
Etika dalam Terapi
14. Terapis
Sebagai Pribadi
15. Eksistensi
Terapis
16. UAS
Strategi Perkuliahan
1. Ceramah
2. Inqury
Learning
3. Reading
Guide
4. Simulasi
5. Praktik
Sumber Bacaan
Utama
1.
Gerald
Corey, Teori dan Praktek Konseling dan Prikoterapi, Bandung: Refika Aditama,
2009.
2.
Dr. Malik B.
Badri, The Dilemma of Muslim Psykologists (terjmh), (Jakarta: Pustaka
Firdaus, 2005)
4.
Bagus Riyono, Motivasi
dengan Perspektif Psikologi Islam, (Yogyakarta: Quality Publishing, 2012)
5.
Capt. Wahid
Bakhsh Rabbani, Islamic Sufism (terjmh), (Jakarta: Sahara Publisher,
2004)
KOMPONEN PENILAIAN
Komponen
|
Bobot
|
Penilaian
|
|
1.
Presensi / kehadiran (N1)
|
((khdran
:14)x100%)
|
Nilai
SEMENTARA:
N1
+……+N4 = Ns
3
|
|
2.
Keaktifan (N2) : Bertanya (70-80), Menjawab
(81-90), Mengkritisi (91-100)
|
100%
|
||
3.
Tugas (N3) : Kesesuaian Tema, Isi/Bahasan:
|
100%
|
||
SS: 4
|
KS
: 2
|
||
S : 3
|
TS
: 1
|
||
4.
Kuis (N4)
|
(100%)
|
||
5.
UTS
|
(100%)
|
NILAI
UTS/UAS :
Ns
+ UTS = NA / Ns
+ UAS = NA
2 2
|
|
6.
UAS
|
(100%)
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Terima kasih telah membuka blog ini